Beranda > Berita Pajak > Sembako Bebas Pajak

Sembako Bebas Pajak

Sembilan bahan pokok sebagai pemenuhan kebutuhan dasar empat sehat lima sempurna akan bebas PPN.

Bahan pokok yang tidak lagi terkena Pajak Pertambahan Nilai (PPN) antara lain jagung, beras, gabah, sagu, kedelai, dan garam baik yang beryodium atau tidak beryodium. Selain itu, bahan pokok lain adalah tahu, daging, susu, telur, dan sayur-mayur.

“Pokoknya yang masuk dalam pola makan empat sehat lima sempurna,” ujar Ketua Pansus RUU PPN dan PPn BM DPR RI Melchias Markus Mekeng kepada Media Indonesia, Jumat (21/8).

Menurut dia, keputusan Panitia Kerja (Panja) DPR telah diketok pada Kamis (20/8) petang. “Nanti akan ada perbaikan sedikit-sedikit, mungkin. Baru diajukan ke paripurna,” katanya.

Peraturan yang sebelumnya ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 144 tahun 2000 tentang Jenis Barang dan Jasa yang tidak Dikenakan Pajak Pertambahan Nilai itu diubah menjadi Undang-Undang agar lebih tegas dasar hukumnya. “Jadi biar pemerintah tidak bisa mengubah-ubah lagi,” katanya.

Dia mengatakan, dengan dijadikan aturan itu sebagau undang-undang, ketahanan pangan masyarakat tidak akan terganggu lagi. Selain itu, jika memang ada kenaikan barang karena ada permintaan yang banyak, tidak akan terlalu memberatkan karena sudah tidak dibebani dengan pajak pertambahan nilai.

Sementara itu dari sisi penerimaan pajak, Direktur Jenderal Pajak Mochamad Tjiptardjo mengatakan tidak akan berpengaruh banyak. Pasalnya, peraturan tersebut telah dilakukan sejak adanya PP No 144 tahun 2000. “Seperti beras, itu memang sudah bebas PPN, dan itu sudah diatur dalam PP. Sekarang dimasukkan dalam UU,” katanya. sumber : media indonesia.com

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: