Beranda > Berita Pajak > Intai Pembayaran Pajak Orang Kaya

Intai Pembayaran Pajak Orang Kaya

Sebagai salah satu strategi meningkatkan penerimaan pajak di 2010, Direktorat Jenderal Pajak terus melakukan ekstensifikasi menggaet jumlah wajib pajak yang jumlahnya hanya 13 juta dari 240 juta jiwa penduduk Indonesia.

Dirjen Pajak M. Tjiptardjo mengatakan, wajib pajak (WP) orang kaya menjadi salah satu andalah Ditjen Pajak untuk mendongkrak penerimaan pajak di tahun depan.

“Kita baru punya KPP (Kantor Pembayaran Pajak) untuk WP kaya.Masa iya di Indonesia WP kaya cuma 1.200, makanya nanti kita akan lihat tingkat kemakmuran Indonesia, jadi nanti kita pindahkan dari KPP Pratama ke KPP khusus, kalau dengan KPP khusus ini mengawasinya jadi lebih fokus,” tuturnya saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (25/8/2009).

Dikatakan Tjiptardjo, pihaknya akan melihat data pembayaran pajak para WP kaya ini untuk melihat apakah pembayaran tersebuit sudah benar atau tidak.

“Kita nanti cek apakah itu benar atau tidak, pendekatannya nanti imbauan dulu. Kalau dia mau membetulkan ya syukur tidak perlu dibawa ke pengadilan. Baru kalau setelah diurus tidak punya itikad baik ya kita akan lakukan pemeriksaan atau penyidikan,” ujarnya.

Target penerimaan pajak di 2010 adalah sebesar Rp 528 triliun dengan asumsi pertumbuhan ekonomi sebesar 5%. Namun Tjiptardjo mengatakan jika pertumbuhan ekonomi dinaikkan menjadi 5,5%, akan ada penambahan penerimaan sebesar Rp 3 triliun sampai Rp 4 triliun.

Di tempat yang sama, Anggota Komisi XI Dradjad Wibowo mengatakan untuk mengejar target penerimaan pajak di 2010, Ditjen pajak harus menerapkan sistem benchmarking WP dan melihat pembayaran pajak khususnya WP besar. Hal ini dilakukan untuk mengotimalkan penerimaan pajak di tahun 2010. sumber: detikfinance

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: