Beranda > Berita Pajak > Estimasi Pajak Sulit di ketahui

Estimasi Pajak Sulit di ketahui

Kadin Indonesia dan Price Waterhouse Coopers Indonesia menandatangani nota kesepakatan kerjasama untuk memajukan UMKM di Indonesia. Dalam kerjasama tersebut Price Waterhouse Coopers Indonesia akan memberikan berbagai pelatihan melalui program Inspiring Young Leaders Program kepada UMKM yang menjadi anggota Kadin.

Kerjasama ini meliputi pelatihan mengenai penerapan akuntasi dalam pengelolaan keuangan UMKM agar para pengusaha dapat memiliki referensi yang lebih jelas dalam menganalisa situasi keuangan perusahaan dan menentukan strategi pengembangan bisnis kedepan.

“UMKM merupakan sektor penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, oleh karena itu kami menyambut baik kerjasama ini, “kata Hidayat.

Menurut Hidayat, penerapan akuntasi dalam pengelolaan keuangan UMKM dinilai masih kurang dipahami oleh para pengusaha UMKM. Para pelaku UMKM masih mengerjakan pembukuan sebatas pencatatan pendapatan dan pengeluaran. Akibatnya laba bersih perusahaan dan estimasi pajak penghasilan sulit diketahui.

“Ini menjadi kesulitan tersendiri bagi banyak pengusaha kecil untuk menentukan strategi pengembangan bisnis,” ungkapnya.

Perlunya penyusunan laporan keuangan bagi UMKM, lanjut Hidayat, sebenarnya tidak hanya untuk memudahkan memperoleh kredit usaha tetapi juga untuk pengendalian aset, kewajiban, modal, perencanaan pendapatan serta efisiensi biaya-biaya yang merupakan referensi utama dalam pengambilan keputusan.

Sistem akuntasi yang terintegrasi dapat memberikan gambaran yang lebih jelas kepada pengusaha UMKM untuk mengindetifikasi dan menentukan peningkatan kapasitas usaha agar dapat berkompetisi di pasar domestik maupun internasional. detik finance.com

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: