Beranda > Berita Pajak > ATPM Jangan Takut Pajak Progresif

ATPM Jangan Takut Pajak Progresif

Rancana pajak progresif yang akan diterapkan kepada kendaraan pribadi roda empat menuai protes dari Agen Tunggal Pemegang Merek(ATPM) karena akan mematikan sektor industri. Tapi asumsi ini ditepis oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

“Masyarakat akan tetap membeli mobil kok. Tapi fungsinya bergeser,” kata Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi  dalam dialog publik di Menara Cakrawala, Jalan MH. Thamrin, Jakarta, Kamis, (3/9/2009).

Jika selama ini masyarakat Jakarta menggunakan mobil sebagai sarana utama, maka ketika MRT telah jadi otomatis mayarakat akan berubah kebiasaan.

Selama ini, pengendara mobil hanya memanfaatkan dari rumah-kantor. Perilaku itu akan berubah dengan sendirinya apabila MRT telah berubah.

Pemilik mobil akan menggunakan mobil sesuai fungsinya seperti untuk keluar kota atau acara keluarga akhir pekan.

“Jadi konsumsi mobil tetap tinggi. Tak pengaruh oleh kenaikan pajak progresif. Maka tak ada kehawatiran bagi ATPM jika akan mematikan sektor market mobil,” tambahnya.

Meski demikian, logika ini harus diiringi oleh kemauan politik pemerintah. Menurut pembicara lainnya dari Peneliti Lembaga Penyelidikan Ekonomi Masyarakat FE UI (LPEM-UI), Nurul Achjar, ada 3 kunci utama mengatasi macet Jakarta yaitu tata kelola kota yang berkonsep lingkungan hidup dan masayarakat. Yang kedua yaitu penerapan pajak progresif untuk menekan pembelian kendaraan dalam jumlah besar.

“Dan yang ketiga adalah kemauan politik. Seperti di Amerika Serikat, pertumbuhan jalan telah distop. Dan dalam pembangunan jalan selalu memperhatikan aspek taman kota sebagai tempat berkumpul masyarakat dan lingkungan hidup,” sarannya.

Sumber : detikoto.com

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: