Beranda > Berita Pajak > Dephub Pertanyakan Aturan Ditjen Pajak

Dephub Pertanyakan Aturan Ditjen Pajak

Pemerintah mendengarkan kegundahan industri penerbangan terhadap rencana Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak mengubah aturan Pencegahan Penyalahgunaan Persetujuan Penghindaran Pajak Berganda. Departemen Perhubungan (Dephub) akan memfasilitasi pertemuan antara Indonesia National Air Carriers Association (Inaca) dengan Ditjen Pajak guna membahas aturan yang akan membuat maskapai terkena pajak sewa pesawat sebesar 20% itu. Pajak ini termasuk golongan pajak penghasilan (PPh) Pasal 26.

Dirjen Perhubungan Udara Herry Bakti S. Gumay mengakui, saat ini pihaknya tengah memperlajari Peraturan Dirjen Pajak bernomor PER-62/PJ/2009 tersebut. Dephub ingin menanyakan maksud pengenaan pajak untuk Special Purpose Vehicle (SPV) yang biasa digunakan maskapai tersebut. “Padahal, margin di penerbangan, kan tipis. Dampaknya bisa berat untuk dunia penerbangan kalau kita mengenakan pajak itu,” kata Herry, akhir pekan lalu.

Herry mengaku tengah berkejaran dengan waktu untuk bisa memperoleh penjelasan mengenai aturan yang diteken Dirjen Pajak M. Tjiptardjo tersebut. Pasalnya aturan itu akan berlaku efektif mulai 1 Januari 2010 mendatang.

Menurut Herry, jika ternyata alasan mengenakan pajak tersebut bisa diterima, Dephub terpaksa harus memasukkan komponen pajak itu ke dalam revisi Keputusan Menteri (KM) Perhubungan Nomor 9/2002 tentang Tarif Penumpang Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri Kelas Ekonomi.

Konsekuensinya, jika pajak tetap dikenakan, harga tiket pesawat kemungkinan besar akan naik. “Tapi saya yakin hal itu tidak akan otomatis menurunkan minat masyarakat naik pesawat,” ujar Herry. kontanonline

Kategori:Berita Pajak
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: