Beranda > Bisnis > Toyota Minta Pemerintah Dukung Investasi

Toyota Minta Pemerintah Dukung Investasi

Managing Officer Toyota Motor Corporation (TMC) Matsuhiro Sonoda meminta pemerintah Indonesia mendukung investasi asing di Indonesia, khususnya di sektor otomotif. Menurut Matsuhiro, dengan potensi pasar yang luas, Indonesia harus konsistensi menjaga iklim investasi. “Khususnya di sektor otomotif, sehingga kami tidak ragu untuk memperbesar investasi Toyota di Indonesia,” ujar dia, di Purwakarta, Kamis (17/12).

Toyota Motor Corp., lewat unit usahanya di Indonesia PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI), hari ini meresmikan perluasan pabrik di Purwakarta, Jawa Barat. Pengucuran dana investasi dilakukan secara bertahap sejak Juni 2007 hingga Agustus 2009, dengan nilai total investasi US$ 33 juta. Tahun ini, Toyota Corporation mengucurkan dana investasi sebesar US$ 19 juta. Wakil Presiden Boediono, pada sambutannya di peresmian perluasan pabrik PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) menegaskan, demi mencapai target pertumbuhan ekonomi 2010, pemerintah ingin menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah yang ramah bagi para investor.

“Jangan ada lagi pungutan yang aneh-aneh,” tegas Boediono, Kamis (17/12). Sebab, lanjut Boediono, kehadiran pemodal swasta, baik dalam maupun luar negeri, merupakan amunisi tambahan bagi pembiayaan investasi tahun depan. “Kita tidak mungkin mengandalkan APBN atau APBD saja,” ujar dia.

Boediono meminta, pemerintah daerah meningkatkan kemampuan menarik investasi ke daerahnya masing-masing. Terutama dalam urusan perbaikan aturan atau kebijakan terkait investasi.

Sebaliknya, kata dia, pihak investor perlu membangun industri, sekaligus basis industri pendukungnya guna memberikan nilai tambah pada perekonomian. “Jadi industri kecil dan menengah (IKM) ikut berkembang. Karenanya kita sangat membutuhkan investasi baru,” terang Boediono. kontan online

Kategori:Bisnis
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: