Beranda > Berita Pajak > KPP Komentari Kelemahan Sistem Perpajakan

KPP Komentari Kelemahan Sistem Perpajakan

Komite Pengawas Perpajakan (KPP) mensinyalir, kelemahan mendasar sistem perpajakan nasional terletak di kepemimpinan Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) itu sendiri. Indikasinya, terlihat dari sulitnya menuntaskan kasus-kasus penyelewengan pajak, terutama yang menyangkut nilai yang cukup besar.

“Memang dibutuhkan keberanian, konsistensi dan keseriusan untuk menuntaskan kasus-kasus pajak, di samping kemampuan tentu saja,” ujar Ketua KPP Anwar Supriyadi ditemui KONTAN di Jakarta, Senin (17/5).

Sebab, jika persoalan ini dibiarkan terus, kekhawatirannya adalah akan muncul upaya untuk mengganti pimpinan di Ditjen Pajak. Upaya ini dianggap sebagai jalan keluar untuk mengatasi kelemahan kepemimpinan di internal Ditjen Pajak. Atau, sambung dia, timbul tekanan, termasuk ketidakpercayaan masyarakat terhadap institusi tersebut.

“Kalau terkait aturan, kan aturan yang mengikat ada tapi ini yang tidak dijalankan. Inkonsistensi. Persoalannya di mana, ya itu dia, keteladanan pemimpinnya,” terang dia.

Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan Hekinus Manao menegaskan, mundurnya Sri Mulyani dari jabatannya sebagai Menteri Keuangan tidak akan mempengaruhi pengusutan kasus-kasus pajak yang sedang berjalan. “Ibu Ani berpesan, tugas Itjen terkait kasus-kasus perpajakan harus diselesaikan, meskipun terjadi perubahan kepemimpinan di Kemenkeu,” katanya.

Terkait evaluasi kasus-kasus pajak yang sedang ditangani Itjen dan Kepatuhan Internal dan Sumber Daya Aparatur (KITSDA), Anwar menegaskan, masih berjalan dan sedang diinfentarisir. Saat ini, lanjut dia, KPP dan KITSDA menemukan 12 titik kelemahan Ditjen Pajak dan telah dibicarakan bersama dengan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat, belum lama ini.

“Nah, kita ingin fact finding dengan independen terlebih dahulu, setelah itu baru kita bisa menentukan tindak lanjutnya,” tutur dia.

sumber : kontan online

Kategori:Berita Pajak
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: