Beranda > Berita Pajak > Modus Faktur Pajak Fiktif Semakin Marak

Modus Faktur Pajak Fiktif Semakin Marak

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan menyatakan bahwa modus penggelapan pajak yang sedang marak dilakukan saat ini adalah dengan faktur pajak fiktif. Hal ini mengingat banyak pada wajib pajak yang menerbitkan faktur bermasalah tersebut demi mengurangi kewajiban yang harus dibayarkan seharusnya.

Demikian disampaikan oleh Kasubdit Penyidikan Direktorat Penyelidikan Intelijen Pajak Muhamad Kifni dalam diskusi yang dilaksanakan di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Jum’at (20/5/2011).

“Yang lagi marak adalah faktur pajak fiktif atau faktur pajak bermasalah yang tidak didasari transaksi yang sebenarnya,” ungkap Kifni.

Kifni menyampaikan, bahwa kasus seperti ini sudah banyak terjadi dan berjumlah banyak.

“Ada banyak perusahaan yang bikin faktur fiktif, itu sengaja dibuat dengan alamat yang tidak jelas. Di kasus tahun 2010, 50% itu menggunakan faktur fiktif,”

Lebih lanjut dirinya menyampaikan, kasus-kasus serupa sementara ini dilakukan dengan mekanisme dan pada wilayah masing-masing.

“Ini dimulai dari data laporan pengaduan, kemudian masuk diolah oleh direktorat rekayasa keuangan. Lalu dianalisis kalau memerlukan suatu pengembangan,” katanya.

Seperti diketahui, pada minggu sebelumnya, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Utara bekerjasama dengan kepolisian menangkap dua oknum pegawai sebuah perusahaan berinisial PT LBC yang diduga melakukan manipulasi pajak Rp 29 miliar.

Perusahaan tersebut menggunakan modus penerbitan faktur pajak yang tidak semestinya. Perusahaan perdagangan yang bernama PT LBC tersebut disinyalir menerbitkan Faktur Pajak yang bermasalah (fiktif) sehingga dimanfaatkan untuk memanipulasi pajak yang harus dibayar perusahaan tersebut kepada negara. sumber : detik.com

Kategori:Berita Pajak
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: