Beranda > Berita Pajak > Sensus Pajak Incar Pedagang ITC Hingga Perusahaan ‘Kakap’ – Konsultan Pajak

Sensus Pajak Incar Pedagang ITC Hingga Perusahaan ‘Kakap’ – Konsultan Pajak

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak bakal melakukan sensus pajak mulai pekan ketiga September 2011. Sensus ini bakal menyasar pusat-pusat perbelanjaan seperti ITC hingga perusahaan kelas kakap.

Demikian disampaikan oleh Dirjen Pajak Fuad Rahmany ketika ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (20/7/2011).

“Kita rencananya maunya minggu ketiga September, tapi saya juga belum jamin bisa kita mulai, tapi persiapannya apa bisa dilakukan lebih cepat,” jelas Fuad.

Saat ini Fuad sudah melakukan persiapan sensus pajak kepada seluruh kantor pajak di Indonesia. Saat ini ada 299 Kantor Pelayanan Pajak yang akan memimpin 300 kantor pajak lain untuk melakukan sensus ini.

“Targetnya pusat-pusat perbelanjaan, tempat-tempat usahalah. Bukan hanya di ITC tapi di pinggir jalan semuanya, termasuk perusahaan-perusahaan besar akan kita kejar. Kita fokus ke tempat-tempat usaha, kalau kaki lima ya enggaklah,” ungkapnya.

Saat ini banyak sekali badan usaha dan pengusaha yang belum memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sehingga pusat-pusat perbelanjaan dan ekonomi tersebut jadi target sensus.

Fuad menyatakan sensus pajak ini akan berlangsung hingga 2012. Pasalnya, Ditjen Pajak harus melakukan tindak lanjut dari data yang diperoleh di lapangan.

“Itu saya katakan bisa 2012, sensus ini lain dengan sensus penduduk, sensus penduduk 3 bulan selesai, nah sensus pajak lain, kan ada lanjutannya, follow up-nya dari sensus itu, kita lakukan pendataan dan kita langsung imbau untuk bayar pajak. Dan itu bertahap karena sensus pajak dengan penduduk beda kalau sensus penduduk kan tinggal catet doang, namanya siapa, umurnya berapa, pajak beda,” jelasnya.

Fuad yakin dengan adanya sensus pajak ini, wajib pajak menjadi sadar untuk menyetorkan kewajibannya kepada negara.

“Pasti dong mereka nggak mau keluarin data tapi kita bisa imbau, kan pajak itu wajib hukumnya. Kalau takut, bayar dong. Semua yang punya penghasilan kalau mesti bayar pajak ya bayar pajak,” tegasnya. sumber : detik.com

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: