Beranda > Berita Pajak > Syarat Diskon Pajak Untuk Produsen Mobil – Konsultan Pajak

Syarat Diskon Pajak Untuk Produsen Mobil – Konsultan Pajak

konsultan pajak. Pemerintah telah menjanjikan insentif, keringanan fiskal atau pajak bagi siapa saja produsen otomotif baik lokal atau asing yang membuat mobil Low Cost Green Car.Tapi ada syaratnya. Apa saja?

Seperti diungkapkan Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Budi Darmadi setidaknya ada beberapa persyaratan produsen otomotif mendapatkan keringan pajak seperti yang dijanjikan pemerintah.

“Salah satunya, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bisa di atas 20 km/jam. Atau lebih tepatnya untuk mesin 1.000 cc, konsumsi bahan bakarnya bisa 22 km per jam dan untuk mesin 1.200 cc bisa 20 km per jam,” kata Budi di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Jumat (2/3/2012).

Syarat lainnya, kata Budi, produsen tersebut harus juga membuat ahli teknologinya di Indonesia selama 5 tahun. “Fuel consumtion di atas juga harus dibarengi dengan membuat ahli teknologinya di Indonesia selama lima tahun itu, baru kita beri insentif,” ungkapnya.

Budi menambahkan, untuk menciptakan atau memproduksi mobil low cost green car tersebut juga tidak bisa menggunakan mesin lama atau dimodifikasi. “Mesin harus baru, kalau pake mesin yang diproduksi sekarang ini tidak mungkin. Mesinnya nanti campuran almunium, tidak bisa steel iron saja,” katanya.

Dengan syarat di atas, ia mengakui cukup berat bagi produsen merealisasikannya. Namun ia yakin produsen otomotif mampu.

“Memang berat. Makanya kita bantu dengan keringanan fiskal. Namun, sudah ada salah satu produsen yang sudah mulai siap. Dia sudah lakukan research dan diperkirakan dalam waktu dekat sudah bisa memanfaatkan kebijakan pemerintah tersebut,” ujarnya.

Budi memperkirakan, aturan keringanan fiskal ini akan keluar pada Oktober 2012. “Tahun ini aturannya sudah keluar. Kemungkinan Oktober, kenapa bulan tersebut? Ya tadi karena sudah ada salah satu produsen yang mulai siap gunakan keringanan fiskal tersebut,” tandasnya.

Seperti diketahui program mobil murah dan ramah lingkungan (low cost and green car) merupakan program kementerian perindustrian. Kabarnya mobil ini akan meluncur tahun depan bekerjasama dengan Daihatsu sebagai prinsipal. Komponen dan desain dari mobil yang kabarnya memiliki kapasitas 1.200 cc ini dibuat oleh orang Indonesia.

Kementerian Perindustrian juga punya program mobil untuk masyarakat pedesaan, yang dibandrol di bawah Rp 50 juta dengan kapasitas 700 cc. Merek mobil GEA besutan PT INKA menjadi penyuplai program mobil ini, yang ditargetkan di 2014 sudah bisa diproduksi massal. konsultan pajak

sumber : detik.com

Kategori:Berita Pajak
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: