Beranda > Berita Pajak > Orang-orang Kaya Sembunyikan Aset Rp 199.500 Triliun di Negara Bebas Pajak – Konsultan Pajak

Orang-orang Kaya Sembunyikan Aset Rp 199.500 Triliun di Negara Bebas Pajak – Konsultan Pajak

Orang-orang terkaya di dunia berhasil menyembunyikan aset senilai US$ 21 triliun (Rp 199.500 triliun) di negara bebas pajak (tax haven). Menurut laporan transparansi pajak yang dirilis Minggu dilansir AFP (23/7/2012), jumlah tersebut setara dengan PDB Amerika Serikat (AS) dan Jepang bila digabungkan.

Laporan yang dikerjakan oleh grup kampanye Tax Justice Network itu mengambil data dari berbagai sumber termasuk Bank of International Settlements dan IMF. Ini merupakan bagian dari kampanye Tax Justice Network mengenai transparansi pajak dan menentang surga pajak.

Penulis laporan dan mantan ekonom kepala di konsultan McKinsey, James Henry mengatakan angka itu hanya rata-rata karena kemungkinan bisa sekitar US$ 32 triliun yang ada di negara surga pajak seperti Cayman Islands dan Swiss.

Menurut Henry, aset-aset itu dilindungi oleh sekelompok profesional berbayaran tinggi dari kalangan industri perbankan swasta, legal, akunting dan investasi yang mengambil untung dari ekonomi global yang makin tak terbatas.

Laporan itu menemukan bahwa 10 bank swasta teratas mengelola lebih dari US$ 6 triliun pada 2010, naik dari US$ 2,3 triliun lima tahun sebelumnya.

Pakar pajak dan penasehat pemerintah Inggris, John Whiting mengatakan ragu dengan angka yang disebut dalam laporan itu. “Jelas ada jumlah signifikan yang disembunyikan. Namun jika benar, apa yang bisa dilakukan?” Whiting mempertanyakan. konsultan pajak

sumber : finance.detikcom

Kategori:Berita Pajak
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: