Beranda > training > ACCOUNTING TRAINING – TRANSAKSI DAN PELAPORAN KEUANGAN DALAM MATA UANG ASING (PSAK 10):

ACCOUNTING TRAINING – TRANSAKSI DAN PELAPORAN KEUANGAN DALAM MATA UANG ASING (PSAK 10):

Menentukan Strategi Tepat dalam Menyikapi Perbedaan PSAK 10 dengan Ketentuan Perpajakan

Sesuai UU tentang Perseroan Terbatas, setiap Perseroan wajib menyusun laporan keuangan berdasarkan standar akuntansi keuangan yang ditetapkan oleh Organisasi Profesi Akuntan yangdiakui pemerintah Republik Indonesia. Beberapa waktu lalu, Dewan Standar Akuntansi Keuangan – Ikatan Akuntan Indonesia telah menetapkan PSAK 10 yang berlaku sejak 1 Januari 2012: Pengaruh Perubahan Kurs Valuta Asing, sebagai pengganti PSAK 10 (1994).

PSAK yang berlaku mulai 1 Januari 2012 ini mewajibkan pembukuan dalam mata uang fungsional, namun memperkenankan penyusunan laporan keuangan dengan menggunakan mata uang selain mata uang fungsional. PSAK ini juga mengatur tentang kurs yang digunakan untuk mentranslasi dari mata uang asing ke mata uang pencatatan dan penyajian dalam laporan keuangan, serta bagaimana menentukan mata uang fungsional suatu entitas.

Ketentuan dalam PSAK 10 di atas tentunya wajib diterapkan oleh suatu perseroan di Indonesia. Namun di sisi lain, perusahaan juga harus menyusun pencatatan dan dokumen keuangan sesuai ketentuan perpajakan, berdasarkan UU tentang Dokumen Perusahaan. Tidak seperti PSAK 10, ketentuan perpajakan hanya memperkenankan 2 (dua) mata uang yang dapat digunakan dalam pembukuan, yaitu Rupiah dan Dollar Amerika Serikat.

Bagaimana menentukan strategi tepat dalam menyikapi perbedaan antara PSAK 10 dan ketentuan perpajakan tersebut? Lalu apa dan bagaimana menentukan mata uang fungsional, membukukan transaksi selain dalam mata uang fungsional, menyusun laporan keuangan? Semuanya akan dibahas di dalam pelatihan ini

Outline :

  • Kerangka Hukum Pelaporan Keuangan di Indonesia PSAK 10 (2010):
  • Penentuan Mata Uang Fungsional dan Pendekatan Yang Digunakan Dalam PSAK 10
  • PSAK 10 (2010): Pelaporan Transaksi Valuta Asing ke Dalam Mata Uang Fungsional
  • PSAK 10 (2010): Penggunaan Mata Uang Pelaporan Selain Mata Uang Fungsional, Penjabaran Kegiatan Usaha Luar Negeri, dan Pengungkapan Dalam Laporan Keuangan
  • Ketentuan Perpajakan Terhadap Transaksi Dalam Mata Uang Asing dan Pelaporan Keuangan
  • Menentukan Strategi Tepat Dalam Menyikapi Perbedaan PSAK 10 dengan Ketentuan Perpajakan.
  • Diskusi dan Tanya Jawab

Pembicara :

1. Tarkosunaryo, CPA
    (Partner KAP Razikun Tarkosunaryo)

Tarkosunaryo, CPA dikenal luas sebagai Sekjen Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) periode 2008 – 2012 sekaligus juru bicara pada organisasi yang sama. Tarkosunaryo adalah partner di KAP Razikun Tarkosunaryo.

Pemegang sertifikasi akuntan publik dari STAN ini berpengalaman sebagai auditor di Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan (BPKP) selama 8 tahun kemudian bergabung dengan sebuah akuntan publik dimana ia banyak menangani beragam jasa di bidang auditing, akunting, dan advisory sejak tahun 2003. Tarkosunaryo  aktif terlibat dalam implementasi standar akunting di Indonesia. Diantara kesibukannya, Tarkosunaryo juga dikenal sebagai pembicara beragam seminar.

2. Otto Budihardjo, Ak., MM, BKP
    (Partner MUC Consulting Group)

Otto adalah Partner & Direktur Surabaya Office MUC Consulting Group dengan pengalaman selama 7 tahun sebagai auditor pajak di Direktorat Jenderal Pajak dan 11 tahun sebagai konsultan pajak.

Pemegang level tertinggi Sertifikat Konsultan Pajak (Brevet C) ini adalah akuntan lulusan STAN, Jakarta dan Magister Manajemen dari Universitas Brawijaya – Malang. Otto memiliki lisensi Kuasa Hukum Pajak di Pengadilan Pajak.

Dengan pengalaman yang luas dalam memberikan jasa di bidang pajak, audit keuangan, dan internal control kepada klien dari berbagai sektor industri, Otto juga dikenal sebagai dosen di Universitas Airlangga dan Universitas brawijaya dan instruktur pajak pada sejumlah pelatihan dan in-house training

Tempat :

Mercure Grand Mirama Hotel – Surabaya
Rabu, 26  Juni 2013
Pukul : 09.00 – 15.300

Biaya :  Rp. 800.000

Pendaftaran dan Informasi :

Mulyono
Telp. 031 8202180, 8284256
Fax. 031 8283884

Kategori:training
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: